NOC ( Networking Operating Center) adalah suatu gabungan dari beberapa jaringan yang bertanggung jawab terhadap komunikasi terus menerus dalam jaringan.

NOC dirancang untuk menyediakan tempat aman dari debu, dengan pendinginan dengan baik dari batere dan inverter. NOC dibangun menggunakan metode alami dan dibuat dari bahan-bahan lokal yang tersedia. Bangunan terdiri dari empat kamar: ruang penyimpanan batere, ruang server, ruang kerja dan ruang untuk penyimpanan peralatan.

Ruang server terdapat sebuah rak untuk server dan kipas angin. Ruangan tidak memiliki jendela biasa, untuk menghindari debu dan panas. Ruang server dan ruang batere menghadap selatan untuk meningkatkan pendinginan alam dan untuk membantu menjaga kamar pada suhu yang sesuai.

Ruang server dan ruang batere membutuhkan pendingin biaya rendah / rendah energi yang effektif karena mereka harus beroperasi 24×7. Untuk mencapai tujuan ini, teknik pendinginan alam diperkenalkan pada disain NOC: fan kecil dan extractors dan dinding tebal dari batu bata (lebar-nya double) di arah matahari terbenam.

Di sebelah selatan bangunan terletak 24 panel surya pada wilayah bebas bayangan dengan atap logam. Atap dirancang dengan inklinasi 20 derajat untuk menempatkan panel dan membatasi karat dan debu. Usaha tambahan dilakukan agar panel mudah dijangkau untuk pembersihan dan pemeliharaan. Bagian atap diperkuat untuk membawa beban tambahan 150-200 kg.

NOC (Network Operation Center ) adalah sebutan untuk orang yang bekerja mengawasi Netwok. Profesi ini biasanya banyak dibutuhkan oleh ISP Internet Service Provider). Posisi NOC sangat vital didalam perusahaan, utamanya ISP, karena merupakan ujung tombak perusahaan yang bersentuhan langsung dengan pelanggan.

Tugas dari NOC ( Network Operation Center ):
– Menerima complain dari pelanggan, mulai dari tidak bisa akses internet, koneksi internet
putus-putus dsb.
– Melakukan routing, memberikan rule firewall, shaping bandwith, dan hal-hal teknis lainnya.

NOC bertanggung jawab untuk memantau jaringan untuk alarm atau kondisi tertentu yang memerlukan perhatian khusus untuk menghindari dampak pada kinerja jaringan. Sebagai contoh, dalam telekomunikasi lingkungan, NOC bertanggung jawab untuk memantau atas kegagalan listrik, alarm jalur komunikasi (seperti kesalahan bit , framing kesalahan, kesalahan coding baris, dan sirkuit ke bawah) dan masalah kinerja lain yang dapat mempengaruhi jaringan. menganalisis masalah NOC, melakukan pemecahan masalah, berkomunikasi dengan teknisi situs dan NOC lainnya, dan masalah melacak melalui resolusi. Jika perlu, NOC meningkat masalah kepada personil yang tepat. Untuk kondisi parah yang tidak mungkin untuk mengantisipasi – seperti listrik atau kabel serat optik cut – NOC memiliki prosedur di tempat untuk segera menghubungi teknisi untuk memperbaiki masalah.

ACENET Network Operating Center (NOC)